TUGAS KEWIRAUSAHAAN
“SOP BUAH”
Disusun Oleh :
ROVIKA LESTARI
1402114393
Dosen Pembimbing:
Deny Danar Rahayu,
SE,M.SI
JURUSAN ILMU EKONOMI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS RIAU
PEKANBARU
RIAU
2016
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS RIAU
PEKANBARU
RIAU
2016
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kepada Tuhan
Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga
penyusunan proposal ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya.
Proposal ini disusun
dalam rangka memenuhi tugas akhir mata kuliah kewirausahaan. Keberhasilan dalam
penyusunan proposal ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Saya menyadari
bahwasanya dalam penyusunan proposal ini
terdapatbanyak kesalahan dan kekurangan, oleh karena itu kritik yang membangun
dari semua pihak sangat di harapkan demi kesempurnaan proposal ini . Saya
berharap proposal ini dapat memberikan banyak manfaat bagi pembaca
Akhir kata, saya
sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam
penyusunan proposal ini dari awal sampai akhir. Semoga Tuhan Yang Maha Esa
senantiasa meridhoi segala usaha kita. Amin
Pekanbaru, 11 Januari
2016
Penulis
DAFTAR ISI
Kata Pengantar.................................................................................................................. i
Daftar isi............................................................................................................................. ii
BAB I
Pendahuluan
1.1 Latar
belakang............................................................................................................ 1
1.2 Tujuan
usaha............................................................................................................... 1
1.3 Manfaat
usaha............................................................................................................. 2
1.4 Deskripsi umum
usaha............................................................................................... 2
BAB II
Pembahasan
2.1 Aspek produk............................................................................................................. 3
2.2 Aspek
Pemsaran........................................................................................................ 5
2.3 Analisis
SWOT.......................................................................................................... 6
2.4 Aspek
teknis............................................................................................................... 7
2.5 Aspek
keuangan........................................................................................................ 8
BAB III
Penutup
3.1 Ksimpulan................................................................................................................ 10
3.2 Kritik &
saran.........................................................................................................
11
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dua hal yang menjadi prioritas masyarakat
dalam membeli makanan dan minuman ringan
lebih berpedoman pada rasa yang enak dan
harga yang murah, itu terutama bagi masyarakat menengah ke bawah. Mereka tidak
terlalu memikirkan kandungan gizi dan nutrisi
yang terkandung dalam makanan dan minuman ringan yang mereka beli.
Namun
akhir-akhir ini kecendrungan masyarakat kita dalam membeli makanan atau minuman
ringan sudah mulai memperhatikan rasayang enak , gizi dan nutrisi
yang terkandung dalam makanan atau
minuman ringan yang mereka beli, yang
terakhir barulah harga yang murah. Oleh kerena itu saya berfikir bagai mana
menghasilkan suatu jajanan yang harganya relatif terjangkau dan memiliki
nutrisi yang baik bagi tubuh serta dapat dikonsumsi bagi semua kalangan baik
itu anak-anak, remaja maupun dewasa.
Dari
pemikiran diatas timbullah ide untuk membuat sebuah jajanan minuman ringan sehat yaitu “SOP BUAH” . Pembuatan minuman sop
buh merupakan miniman masa kini yang segar yang mana didalamnya terdapat
potongan buah- buahan yang baik untuk
tubuh serta susu yang juga baik untuk kesehatan . Dari segi harga sop buah itu
termasuk jajanan yang murah dan terjangkau yang dapat dinikmati oleh semua
kalangan dan prosesmpembuatan yang tidak rumit.
Dengan
faktor produksi yang murah saya yakin produk yang saya sajikan ini memiliki
aspek yang bagus dan menguntungkan bagi saya pribadi maupun orang lain. Sasaran
utama pembeli produk ini adalah anak-anak dan remaja namun dewasa juga dapat
menikmati.
1.2 Tujuan Usaha
Adapun beberapa tujuan dalam usaha sop buah ini
adalah:
·
Meningkatkan taraf hidup menjadi lebih baik
dengan pemperoleh keuntungan
·
Membuka usaha kecil-kecilan untuk membuat
lapangan pekerjaan baru.
·
Mencoba kreasi baru untuk minuman ringan
dan mencoba memasarkan minuman ringan ini ke lingkran luar.
·
Mengetahui permintaan dan minat pasar
terhadap minuman ringan
·
Mengembangkan kreatifitas dalam usaha
minuman ringan
1.3 Manfaat Usaha
Adapun beberapa manfaat dalam usaha sop buah ini:
·
Mampu memenuhi kebutuhan dan selera
konsumen
·
Menciptakan lapangan pekerjan baru terutama
bagi diri saya sendiri
·
Meningkatkan pendaptan dan memperoleh
keuntungan
1.4 Deskripsi Umum Usaha
Nama
Usaha : Sop Buah
Nama
Pemilik : Rovika Lestari
Alamat : Desa Logas RT.008 RW.004
Kec. Singingi Kab. Kuantan Singingi
Usaha yang akan dimulai adalah usaha yang bergerak dibidang
pengolahan minuman yang memanfaatkan buah-buahan yang segar menjadi sebuah
sajian minuman yang enak, bergizi, berselera tinggi dan sehat untuk metabolisme
tubuh. Pada dasarnya buah-buahan yang ada dalam menu ini adalah buah-buahan
yang sehat dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.
Usaha ini mungkin masih kurang diminati karena mayarakat karena
masyarakat belum terlalu mengenali jenis minuman ini terutama di kampung tempat
tinggal saya. Oleh karena itu saya akan berusaha keras untuk bisa mengembangkan
usaha minuman ini sehingga banyak dikenali masyarakat dan menjadi minuman yang
disukai.
Lokasi penjualan untuk produk ini didepan rumah atau lebih
tepatnya dihalaman rumah karena posisi atau letak lebih produktif dan mudah
akses.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 ASPEK PRODUK
1.
Jenis usaha yang dihasilkan
Usaha ini akan
memproduksi jajanan minuman ringan yang berbahan baku buah-buahan segar, yang
dikemas dalam gelas plastik dilengkapai dengan sendok.
2.
Waktu kegiatan produksi
Kegiatan produksi ini
dilakukan setiap hari kecuali hari minggu karena prospek yang dihasilkan pada
hari minggu dinilai kurang produktif karena pada hari minggu merupakan hari
pasar di kampung saya dan kebanyakan dari orang tua membeli jajanan di pasar. produksi dimulai jam 11 pagi.
3.
Peralatan dan bahan yang diperlukan
a.
Peralatan
·
Terpal untuk atap
·
Meja ukuran 2 meter
·
Alas meja / terpal untu meja
·
Spanduk ukuran 1 meter
·
Termos ukuran menengah
·
Kayu untuk tiang penyangga
·
Box penyimpanan buah ukuran besar 1 buah,
ukuran sedang 5 buah dan ukuran kecil 1 buah.
·
Botol 3 buah (susu, sirup)
·
Teko untuk air gula
·
Gelas, sendok pelastik dan plastik untuk
bungkusan
·
Plastik tangan
·
Gelas kaca
·
Paku
·
Kain lap
·
Sendok penyiduk
·
Pengeruk buah
·
Pisau
b.
Bahan-bahan
·
Apel
·
Pear
·
Semangka
·
Pepaya
·
Jagung
·
Selasih
·
Melon
·
Air
·
Gula
·
Sirup (rasa coco pandan dan melon)
·
Susu
·
Es batu
4.
Jumlah tenaga yang dibutuhkan
Dikarenakan produksi
ini merupakan produksi kecil yang tidak membutuhkan banyak tenaga , maka dari
itu hanya membutuhkan satu orang yaitu pemilik sendiri sekaligus bertindak
sebagai pembuat dan penjual.
5.
Jumlah produk yang dibuat
Untuk rata-rata
pembuatan produk setiap harinya sebanyak 50 gelas. Dalam sebulan yaitu 24 hari
dapat memproduksi kurang lebih sebanyak 1200 gelas.
6.
Cara membuat sop buah
·
Cairkan gula dengan menggunakan air sebelum
penjualan dilakukan. Cairkan seuai jumlah yang dibutuhkan (1/2 kg untuk setiap
produksi)
·
Siap kan semua bahan yang akan di gunakan
·
Potong buah berbentuk dadu atau menggunakan
pengeruk buah ukuran kecil secukupnya
·
Setelah buah dipotong masukkan buah kedalam
gelas plastik
·
Tambahkan sirup (coco pandan atau melon
sesuai selera konsumen)
·
Tambahkan es batu secukupnya
·
Tambahkan susu diatasnya
·
Kemudian siram dengan air gula
·
Sebelum mengkonsumsi sebaiknya sop buah
diaduk dengan sendok supaya rasa mankis yang dihasilkan merata.
7.
Rencana peluang usaha
Jika ada tanggpan
positif dari para konsumen dan semua pihak adalah modal yang mendukung
perkembangan usaha.
2.2 ASPEK PEMASARAN
1)
Segmen pasar
Target konsumen adalah
masyarakat yang ada di desa logas dari semua golongan anak-anak, remaja dan dewasa.
2)
Strategi pemasaran
Dalam penjuan dan
pemasaran produk ini ,ada beberapa trategi yang digunakan:
·
Menetapkan harga yang relatif murah agar
masyarakat dapat menjangkau harganya.
·
Memilih tempat penjualan yang strategis
·
Melakukan pelayanan yang baik (prima, sopan
dan ramah)
·
Memenuhi kepuasan dan permintaan konsumen
3)
Promosi
·
Memasang papan nama/spanduk didepan tempat
usaha
·
Dari mulut ke mulut yang dilakukan oleh
konsumen yang pernah membeli
4)
Penetapan harga jual
Penetapan harga jual
produk ini yaitu Rp 5000/ gelas ukuran menengah.
5)
Sistem penjualan/ distribusi
Sistem penjualan yang
digunakan dalam penjualan produk ini dengan menerima pesanan secara langsung di
outlet penjualan
2.3 ANALISIS SWOT
A.
Faktor kekuatan (Strength)
·
Menyediakan produk berupa minuman ringan
yang higienis , sehat dan enak.
·
Harga terjangkau sesuai dengan target utama
saya yaitu anak-anak dan remaja dan pada dasarnya semua kalangan.
·
Bahan baku mudah di dapat dan memiliki rasa
yang manis, segar dan harum.
·
Bertanggung jawab, disiplin kerja, kreatif dan
inovatif
·
Menjual produk yang berkualitas
B.
Faktor kelemahan (weakness)
·
Pemasaran untuk produk ini masih belum
terlalu meluas dan masih dalam ruang lingkup yang kecil
·
promosi yang dilakukan juga terbilang masih
sangat minim yaitu dari mulut ke mulut para pembeli miniman ringan ini
sebelumnya dan kemungkinan penjualan tidak sesuai target pada saat cuaca tidak
mendukung atau pada saat musim penghujan.
·
Kapasitas produksi yang terbatas.
·
Berubahnya kondisi perekonomian
C.
Faktor peluang (oportunity)
·
Dikampung saya pada saat ini hanya saya
yang menggeluti usaha ini sehingga saya
memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan pelanggan untuk membeli produk
saya
·
Biaya produksi yang cukup murah juga
membikan peluaang yang bagus untuk saya mendapatkan keuntungan
·
Dengan memanfaatkan lokasi yang strategis
dihalaman rumah dan di jalur jalan utama perkampungan sehingga akses mudah dan
dekat dengan rumah-rumah warga lainnya.
D.
Faktor ancaman (treath)
·
Pesaing yang mulai bermunculan
·
Bahan baku yang semakin mahal
·
Perubahan selera masyarakat nyang membuat
saya harus memunculkan inovasi baru dalam pembuatan sop buah
·
Menjaga kualitas dari produk yang saya jual
2.4 ASPEK TEKNIS
a.
Display
Karena penjualan
dilakukan ditempat yang sangat sederhana maka dari itu saya menampilkan
buah-buahan di atas meja penjualan dan di contoh gambar minuman pada spanduk
sehingga pelanggan yang ingin membeli sedikitnya tau seperti apa tampilan dari
sop buah.
b.
Kebutuhan barang pelengkap
Ada permintaan dari
pelanggan, oleh karena itu saya juga menyediakan beberapa gelas dan tikar untuk
duduk sehingga pelanggan yang ingin minum sambil duduk duduk santai ditempat
dapat saya penuhi.dan juga saya mempersiapkan speker kecil untuk memutar musik
sehingga suasana tidak hening karena adanya lantuhan lagu-lagu update masa
kini.
2.5 ASPEK KEUANGAN
Dalam aspek keuangan ini adalah modal yang digunakan yaitu modal dasar
dan modal berjalan.
Berikut adalah rincian harga peralatan dan
perlengkapan yang harus dibeli:
1.
Peralatan dan perlengkapan
No
|
Nama barang
|
Banyak
|
Harga satuan
|
Jumlah
|
|
1
|
Terpal atap
|
5 M
|
8.000
|
40.000
|
|
2
|
Alas meja (bahan karet)
|
2 M
|
11.000
|
22.000
|
|
3
|
Spanduk
|
1 x 1
|
30.000
|
30.000
|
|
4
|
Termos (menengah)
|
1
|
125.000
|
125.000
|
|
5
|
Box (besar)
|
1
|
10.000
|
10.000
|
|
6
|
Box (menengah)
|
5
|
5.000
|
25.000
|
|
7
|
Box (kecil)
|
1
|
2.000
|
2.000
|
|
8
|
Botol (sirup & susu)
|
3
|
4.000
|
12.000
|
|
9
|
Plastik tangan
|
2 (isi 100)
|
8.000
|
16.000
|
|
10
|
Gelas kaca
|
½ lusin
|
75.000
|
75.000
|
|
11
|
Paku
|
¼ (3 cm)
|
4.000
|
4.000
|
|
12
|
Kain lap
|
2
|
5000
|
10.000
|
|
13
|
Sendok penyiduk (plastik)
|
2
|
3.500
|
7000
|
|
14
|
Pengeruk buah
|
2
|
3000
|
6000
|
|
15
|
pisau
|
1
|
7000
|
7000
|
|
16
|
Teko air
|
1
|
12.000
|
12.000
|
|
Total
|
403.000
|
2.
Bahan penjualan untuk hitungan 1 minggu
No
|
Nama barang
|
Banyak
|
Harga satuan
|
Jumlah
|
||
1
|
Apel
|
4 kg
|
25.000/kg
|
100.000
|
||
2
|
Pear
|
4 kg
|
15.000/kg
|
60.000
|
||
3
|
Semangka
|
18 kg
|
6.000/ kg
|
108.000
|
||
4
|
Pepaya
|
3 buah
|
15.000/buah
|
45.000
|
||
5
|
Melon
|
12 kg
|
7000/kg
|
84.000
|
||
6
|
Jagung
|
2 kg
|
8000/kg
|
16.000
|
||
7
|
Selasih
|
6 bungkus
|
1000/bungkus
|
6.000
|
||
8
|
Air
|
2 galon
|
4000/galon
|
8.000
|
||
9
|
Gula
|
3 kg
|
13.000/kg
|
39.000
|
||
10
|
sirup
|
3 botol
|
17.000/botol
|
51.000
|
||
11
|
susu
|
6 kaleng
|
9.000/kaleng
|
54.000
|
||
12
|
Es batu
|
6 kantong
|
8000/kantong
|
48.000
|
||
13
|
Gelas plastik
|
7 bks (50 pc/bks)
|
15.000/bks
|
105.000
|
||
14
|
Sendok plastik
|
30
bks (12pc/bks)
|
1200/bks
|
36.000
|
||
15
|
Plastik pembungkus
|
3 kantong
|
12000/kantong
|
36.000
|
||
Total
|
791.000
|
|||||
Untuk sebagian peralatan
tidak dicantumkan dalam pembiayaan karena barang tersedia dirumah dan tidak
dibeli.
Jadi modal awal yang
diperlukan untuk pembuatan usaha sop buah sebesar
Rp 403.000 + Rp 791.000
= Rp 1.194.000
Penjualan dalam satu
minggu sebesar:
50 gelas/ hari
Jadi, 50 gelas x 6 hari
= 300 gelas/ minggu
Harga sop buah per
gelas sebesar Rp 5000
Penjualan perminggu
sebesar:
300 gelas x Rp. 5000 =
Rp 1.500.00
Keuntungan perminggu:
Rp1.500.000 – Rp
791.000 = Rp 709.000
Keuntungan yang dapat
diperoleh dalam satu bulan untuk kegiatan usaha ini
4 x Rp 709.000 = Rp
2.836.000
Jadi, keuntungan bersih
atau laba bersih yang dapat diperoleh dari usaha minuman ringan sop buah sebesar Rp 2.836.000 untuk satu bulan kerja.
Biaya biaya diatas
tidak termasuk kedalam biaya-biaya tak terduga lainnya. Semoga usaha yang
dilakukan ini berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun.
BAB III
KESIMPULAN
Dalam pembuatan perencanaan usaha
penjualan minuman ringan sop buah harus memperhatikan hal-hal penting. Sebelum
membuat perencanaan usaha penjualan minuman ringan sop buah harus terlebih
dahulu menganalisa kondisi lingkungan usahaantara lain yaitu lingkungan sekitar
karena dengan mengetahui kondisi dari lingkungan, kita dapat mengetahui
kelebihan, kekurangan, kesempatan, maupun hambatan dari usaha yang akan kita
bangun.
Setelah kita mengetahui kondisi
lingkungan, kita harus membuat rencana manajemen yaitu merancang struktur
organisasi, menentukan proses produksi serta membuat perencanaan mengenai
pengelolaan lainnya. Karena dengan perencanaan usaha maka pembuat usaha dapat
dengan mudah menentukan kondisi seperti apa yang baik untuk usahanya sehingga terciptanya
keefektifan dan keefisienan lingkungan kerja.
Pembuatan rencana dalam bidang
laiinya juga sangat penting seperti aspek pemasaran, teknis, dan keuangan.
Dengan matangnya penganalisisan seluruh elemen maka akan lebih mudah ketika
membangun sebuah usaha dan semoga dalam perjalanan usaha diberikan kelancaran
oleh Tuhan Yang Maha Esa.
Adapun yang termasuk dalam
perencanaan pemasaran adalah menentukan target pasar, menentukan harga produk,
menentukan proses distribusi serta proses promosi itu sendiri.
Hal terakhir yang harus dilakukan
adalah membuat perencanaan keuangan karena banyak sekali perusahaan yang gulung
tikar akibat tidak membuat perencanaan keuangan dengan baik.
Kritik dan saran
Diharapan kepada pembaca yang ikut serta
menbaca proposal ini dapat memberikan tanggapan guna memperbaiki
kesalahan-kesalahan yang terdapat dalam proposal ini karena sedikit banyaknya
itu adalah pembelajaran bagi saya kedepannya dalam pembuatan proposal
berikutnya. Terima kasih atas perhatian dan pengertian dari semua pihak yang
terlibat dalam kegiatan pembuatan usaha ini dan proposal ini tanpa dukungan
pihak lain saya tidak ada apa-apanya. Semoga usaha yang dilakukan dapat
berjalan dengan lancar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar